Sunday, May 24, 2009

Tanah dan Iklim



Tanaman tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh di semua tempat, dari daerah dataran rendah sampai tinggi (pegunungan). Hanya saja di daerah yang bertanah basah dan banyak curah hujan pertumbuhannya agak kurang baik. Di samping buahnya sering rusak atau pecah-pecah, tanaman tomat di musim hujan sering diserang penyakit, seperti penyakit cendawan /Phytopphora infestans/ dan sebangsanya sehingga untuk daerah yang bertanah basah dan berudara lembab di anjurkan menanam tomat pada musim kemarau.
Tanaman tomat tidak menyukai tanah yang tergenang air atau becek. Tanah yang keadaannya demikian dapat menyebabkan akar tomat mudah busuk dan tidak mampu menghisap zat-zat hara dari dalam tanah karena sirkulasi udara dalam tanah di sekitar akar tomat kurang baik. Akibatnya lama-kelamaan tanaman akan mati.
Untuk pertumbuhannya yang baik, tanaman tomat membutuhkan tanah yang gembur, kadar keasaman (ph) antara 5-6. Tanah yang baik sebaiknya tanah yang sedikit mengandung pasir dan bak mengandung humus, serta pengairan yang teratur dan cukup mulai tanam sampai tanaman mulai dapat di panen. Bagi tanaman genjah yang dapat dikehendaki cepat panen, tanah liat yang berpasir akan lebih baik.
Tanaman tomat membutuhkan penyinaran penuh sepanjang hari untuk produkri yang memuaskan, tetapi sinar matahari yang terik tidak di sukainxa. Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang lebat dan daerah yang selalu berawan. Daerah yang dengan kondisi yang demikian memungkinkan tanaman mudah terserang penyakit cendawan busuk daun dan sebangsanya. Angin kering dan udara panas juga kurang baik bagi pertumbuhannya, karena sering menyebabkan kerontokan bunga.
Suhu yang cocok bagi pertumbuhan tomat adalah 23℃ pada siang hari dan 17℃ pada malam hari. Selisihnya adalah 6℃. Suhu tinggi yang di ikuti kelembapan yang relatif tingi dapat menyebabkan penyakit daun berkembang, sedangkan kelembapan yang relatif rendah dapat mengganggu pembentukan buah.
Pembentukan buah sangat di tentukan oleh faktor suhu malam hari. Pengalaman di berbagai negara membuktikan bahwa suhu yang terlalu tingi di waktu malam harì dapat menyebabkan tanaman tomat tidak dapat membentuk bunga sama sekali, sedangkan pada suhu kurang dari 10℃ serbuk sari menjadi lemah tumbuhnya dan banyak serbuk sari yang mati, akibatnya hanya sedikit saja yang terjadi pembuahan.
Waktu tanam yang baik adalah dua bulan sebelum musim hujan berakhir sehingga pada saat musim kemarau atau menjelang musim kemarau tomat sudah siap di panen. Tomat juga dapat di tanam pada awal musim hujan, tetapi banyak gangguannya. Terutama penyakit yang menyerang daun. Selain itu, hasil buah tomat yang di tanam pada musim hujan juga banyak yang rusak atau pecah-pecah.

No comments: