Sunday, May 24, 2009

Manfaat Tomat




Buah tomat memiliki berbagai macam manfaat. Selain itu, di dalam buah tomat juga banyak terkandung zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Adapun zat-zat yang terkandung di dalamnya dalah Vitamin C, vitamin A (karoten) dan mineral.
Buah tomat banyak mengandung vitamin C yang akan memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka, menghindarkan penyakit yang dikenal dengan nama /scurvy/ atau skorbut. Selain itu, vitamin C yang terdapat tanaman tomat juga melawan kecenderungan pendarahan pembuluh darah yang halus.
Vitamin A yang dikandung dalam buah tomat dapat membantu penyembuhan penyakit buta malam. Selain itu tomat juga dapat membangun sel darah merah. Bagi mereka yang ingin memiliki tubuh yang langsing, tomat juga dapat di jadikan sahabat, karena zat-zat yang dikandung di dalamnya cukum bergizi tetapi tidak menggemukkan.
Riset juga menbuktikan bahwa makan tnmat pada pagi hari ternyata bermanfaat mencegah pembentukan batu dalam saluran kencing. Tomat juga ideal untuk pengobatan penderia kencing manis. Selain itu buah tomat juga dapat mengobati mual pada pagi hari, sakit pencernaan, sakit kuning, gangguan empedu, pembentukan gas terlalu banyak dalam usus, sembelij, rasa pedih pada usus dan lambung (maag), dan sakit dada karena /hiatus hernia/.
Makan tomat setiap hari dikatakan bisa menyembuhkan sakit lever, encok, sakit kulit tertentu, tuberkulosis dan asma. Buah tomat kaya akan garam kalium dan beberapa vitamin dan dianjurkan untuk dimakan penderita gangguan metabolisme dan sakit jantung.
Juga bagi orang yang mempunyai masalah jerawat, tomat juga bisa membantu. Irisan buah tomat yang digunakan untuk mengolesi wajah waktu akan tidur dapat membantu memhilangkan jerawat. Selain itu, air tomat yang di campur gula sangat baik bagi anak-anak dan orang-orang yang menderita penyakit ringan.

No comments: