Sunday, May 24, 2009

Jenis Tomat



Tomat memiki jenis yang beranekaragam. Mulai dari ukurannya yang sebesar kelereng hingga yang menyerupai pepaya. Selain itu, bentuk buahnya juga bermacam-macam. Ada yang berbentuk bulat, bulat pipih, dan ada pula yang berbentuk menyerupai bola lampu. Buahnya tersusun dalam tandan-tandan. Keseluruhan buahnya berdagimg dan mengandung air yang banyak. Berdasarkan bentuk buahnya, tanaman tomat komersial dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

1. Tomat Biasa (/Lycopersicum commune/)

Bentuk buah tomat ini bulat pipih dan tidak teratur. Jenis tomat yang seperti ini sangat cocok di tanam dataran rendah.

2. Tomat Apel (/Lycopersicum pyriforme/)

Bentuk buah tomat ini bulat, kuat, dan sedikit keras menyerupai buah apel. Tanaman ini sangam cocok di daerah pegunungan. Tomat jenis inilah yang sering di temukan di pasar.

3. Tomat Kentang (/Lycopersicum grandifolium/)

Tomat kentang memiliki buah yang berbentuk bulat. Selain bulat, ukuran buahnya juga besar dan isinya juga padat. Tomat ini juga mirip dengan buah apel, tetapi ukurannya lebih kecil. Daun tomat kentang ini lebar-lebar.

4. Tomat Keriting (/Lycopersicum validum/)

Buah tomat keriting ini berbentuk agak lonjong dan juga keras seperti buah alpukat atau pepaya yang dikenal tipe roma. Tomat ini di sebut tomat gondol, yang disenangi karena kulitnya tebal. Tomat jenis ini sangat tahan untuk pengangkatan jarak jauh. Daunnya rimbun keriting seperti terserang oleh penyakit virus keriting. Daunnya berwarna hijau kelam.

No comments: